Senin, 01 Mei 2023

Konten Youtube yang Legit saat Ramadan, Bukti Berkah Ramadan bagi Seluruh Umat

Youtuber | Sumber: Freepik.com

Bulan Ramadan merupakan bulan yang ditunggu-tunggu oleh umat muslim di seluruh dunia. Tidak hanya memiliki banyak keistimewaan seperti dosa diampuni dan pahala yang dilipatgandakan, bulan Ramadan juga merupakan bulan yang banyak mendatangkan rezeki. Karena bulan Ramadan semua pahala dilipatgandakan, maka banyak orang yang memanfaatkan hal tersebut dengan berbagi dengan orang lain. Tidak hanya sebatas itu, keberkahan bulan suci Ramadan dirasakan oleh seluruh umat manusia, tidak terbatas hanya pada umat muslim.

Perintah untuk berbuat baik dan saling berbagi di dalam Islam tidak terbatas untuk kepada sesama muslim saja, melainkan seorang muslim harus berperilaku dan berbagi kepada sesama manusia tanpa memandang agama yang ia anut. Di bulan Ramadan ini, tidak hanya umat muslim saja yang berlomba untuk melakukan kebaikan, tetapi seluruh manusia juga memanfaatkan momen Ramadan untuk itu. Mereka melakukan kebaikan-kebaikan tersebut atas dasar kemanusiaan dan saling menolong terhadap sesama.


Saya perhatikan selama bulan Ramadan, banyak konten trending di media sosial khususnya Youtube yang menampilkan umat minoritas ikut meramaikan bulan suci Ramadan dengan berbagai kegiatan. Konten-konten tersebut berhasil menuai respon positif kalangan warga net.


Konten yang Mendatangkan Banyak Respon Positif di Bulan Ramadan


Setidaknya terdapat dua  konten Youtube  yang mendapat banyak respon positif penonton ketika bulan Ramadan:


#1 Ikut Berpuasa


Puasa adalah ibadah menahan lapar dan haus serta hal-hal yang dapat membatalkannya mulai dari terbitnya fajar hingga terbenamnya matahari. Terdapat banyak Youtuber non muslim yang membuat vlog berpuasa seharian. Vlog dimulai dari makan sahur hingga berbuka tentunya dapat menarik banyak penonton karena tertarik dengan sudut pandang dari umat selain umat muslim ketika menjalankan ibadah puasa.


Salah satu youtuber yang ikut berpuasa di bulan suci Ramadan adalah Jessica Jane. Youtuber yang memiliki 11 juta subscribers ini sudah melakukan 2-3 kali membuat konten seperti ini di setiap tahunnya. Menurutnya, part terberat dari berpuasa adalah ketika menjelang waktu berbuka.  Konten tersebut menuai banyak respon dan komentar positif dari netizen. Salah satu komentar positif di kolom komentarnya ditulis oleh akun Adelia Fernanda “Hallooo kakaa semangat terus ya ngontennyaa aku terhibur banget liat konten ka jes”.


#2 Konten Berbagi


Bulan Ramadan merupakan bulan yang identik dengan saling memberi. Hampir di setiap sore menjelang waktu berbuka dapat kita temui orang yang berbagi takjil di pinggir jalan. Berbagi terhadap sesama juga kerap dilakukan oleh banyak youtuber, karena momen yang pas di bulan Ramadan.


Sebut saja Bobon Santoso, Youtuber ini berbagi makanan berbuka puasa untuk warga Solo yang tak tanggung-tanggung berhasil membagikan makanan ke sekitar 1000 warga.  Tidak hanya sekedar membagikan, konten tersebut menampilkan proses pembuatan makanan yang menjadi tontonan warga sembari menunggu waktu berbuka puasa. Kegiatan ini pun disaksikan langsung oleh Wali Kota Solo Gibran Rakabuming.  Konten ini mendapat banyak komentar positif di kolom komentar, seperti komentar yang dituliskan akun WILLYZ_112 TV “Terharu gw, indahnya Indonesia. Walaupun berbeda tapi tetap dalam kerukunan saling berbagi”.


Kedua contoh di atas merupakan bukti bahwa keberkahan bulan Ramadan tidak hanya dirasakan oleh umat muslim saja, melainkan seluruh umat manusia yang ada muka bumi ini. Hal tersebut juga mestinya menjadi tamparan bagi umat muslim sendiri yang masih malas untuk menjalankan ibadah puasa dan berbagi hartanya, yang mana seharusnya sebagai umat muslim harus meningkatkan kualitas maupun kuantitas ibadahnya ketika di bulan suci Ramadan.